22 JUMP STREET : SAME NOTES, NEW VARIATIONS

22 JUMP STREET

Sutradara : Phil Lord & Christopher Miller

Produksi : Media Rights Capital, Original Film, Lord Miller Productions, 2014

22JS4

            Dalam konteks remake serial teve ke layar lebar, apa yang dilakukan duo Phil Lord dan Christopher Miller, bersama ide baru dari Jonah Hill dan Michael Bacall (penulis ‘Scott Pilgrim vs. The World’) lewat ’21 Jump Street’ di tahun 2012 benar-benar kasus langka. Saat rata-rata yang lain menyesuaikan pola dengan source-nya, mereka benar-benar merombak habis pakem dan karakternya secara kreatif dan gila-gilaan. Background-nya boleh sama, tapi cukup terbatas jadi set yang dipindah ke trend masa kini dengan karakter-karakter baru, itupun sebagian besarnya berupa mocking, atmosfer teen action dari serial karya Stephen J. Cannell dan Patrick Hasburgh yang mempopulerkan nama-nama seperti Johnny Depp, Dustin Nguyen sampai Richard Grieco ini dilencengkan ke buddy comedy serba nyeleneh.

22JS2

          Actually, Todd Phillips pernah melakukan hal yang mirip dengan ‘Starsky & Hutch’-nya Ben Stiller dan Owen Wilson di tahun 2004 tapi gagal meramu formulanya. Tapi Lord dan Miller tak begitu. Memasang unlikely pairings dari Channing Tatum dan Jonah Hill, ’21 Jump Street’ berhasil menjadi remake yang sangat fresh. Chemistry-nya luarbiasa, komedinya sinting, namun bukan berarti tak meninggalkan respek terhadap source aslinya. So, when the sequel is inevitable atas kesuksesan yang diraihnya, mereka tentu saja harus menemukan formula baru. Dengan Hill dan Bacall yang masih kembali untuk menggarap ide ceritanya, serta Oren Uziel dan Rodney Rothman (‘Grudge Match’) membantu Bacall di penulisan skrip, pattern-nya masih dipertahankan, ada variasi baru yang spesial untuk fondasi komedinya.

22JS7

        Walau tetap kelihatan lebih tua dari usia mereka, dari SMU, Morton Schmidt (Jonah Hill) dan Greg Jenko (Channing Tatum) kini harus masuk ke Universitas dan menyamar sebagai mahasiswa. Program dari atasan lama mereka, Kapten Dickson (Ice Cube) masih sama, namun kini berubah menjadi 22 Jump Street yang dipindahkan ke seberang lokasi lama. Sama-sama gereja namun kali ini bukan gereja Korea, tapi Vietnam. Tugasnya, menemukan pengedar obat terlarang bernama WhyPhy (dibaca WiFi) yang sudah membunuh seorang siswa disana. Disana, perbedaan karakter mereka tetap memunculkan masalah baru. Selagi Jenko langsung akrab dengan bintang football dan anggota kumpulan elit, Zook (Wyatt Russell) dan Rooster (Jimmy Tatro), Jenko justru jatuh cinta dengan mahasiswi seni Maya (Amber Stevens). Kekonyolan demi kekonyolan mulai terjadi dengan merenggangnya hubungan Schmidt dan Jenko hingga akhirnya mereka menemukan bahwa kasus ini terhubung ke Ghost (Peter Stormare), pengedar kawakan yang gagal mereka ringkus di misi sebelumnya, dengan satu penghubung misterius yang tak seperti mereka perkirakan sebelumnya.

22JS10

 

 

          Bermain di grey area antara sebuah penggabungan meta penuh nods dari teen-college dan buddy movies dengan full parody ke genre-nya ala ‘National Lampoon’s Loaded Weapon 1’ yang terlupakan dan tak berlanjut itu, which is actually a bit different, Lord-Miller-Bacall dan Hill benar-benar membawa idenya jadi sesuatu yang benar-benar menarik dan membawa sekuelnya ke level baru. Jualan utamanya tetap bermain di nada-nada komedi yang sama, sick jokes dengan elemen-elemen jagoan di instalmen sebelumnya. Namun hal paling asyik dari variasi baru penelusurannya justru membuat ’22 Jump Street’ seolah jadi permainan trivia yang tak cukup sekali disaksikan untuk menangkap homage ke tiap jokes-nya.

22JS8

           Dari serial komedi ‘Benny Hill’, ‘Annie Hall’, many teen/college movies over decades ke banyak buddy action comedy seperti ‘Beverly Hills Cop’, ‘Bad Boys’, ‘Lethal Weapon‘,  bahkan cop thrillers yang jauh lebih serius seperti ‘Point Break‘ atau ‘Silence of The Lambs‘ plus filmografi masing-masing cast utamanya (oh yeah, ‘Step Up’ dan ‘White House Down’ jelas termasuk salah satunya), nods, mocking dan parodi itu jadi perpaduan sangat solid untuk membangun komedinya secara gila-gilaan. Sick jokes-nya tetap tolol setengah mati, lengkap dengan homoeroticism bromance yang makin di-push ke level sinting, pengulangan drug hallucination scene secara berbeda dari sebelumnya, tapi cara mereka menyempalkan tribute-tribute penuh spoof itu memang luarbiasa pintarnya. Even beberapa comedic scene-nya jelas jadi referensi yang bakal diingat sampai kapanpun.

22JS6

           Dan tak hanya itu, mereka sekaligus juga melakukan mocking terhadap trend sekuel Hollywood, sementara kepentingan terhadap sisi action-nya juga sama sekali tak tertinggal. Sama seperti ’21 Jump Street’, tetap ada ruang yang disisakan untuk menggempur adegan-adegan aksi seru yang berjalan sama menarik dengan laugh out loud comedy-nya. Chemistry Hill dengan Tatum mencapai level bahkan lebih lagi dengan porsi Ice Cube untuk lebih menekankan nods ke seabrek karakter angry captains or higher rank officers di genre action, skripnya jadi seakan benar-benar lepas kontrol, bisa kemana saja untuk menyematkan trivia-trivia-nya di tiap adegan yang ada.

22JS3

         Masih ada Amber Stevens untuk mengisi porsi female lead-nya bersama Jillian Bell, komedian berpostur aneh yang jelas bakal makin dilirik ke depannya nanti, Wyatt Russell, putra Kurt RussellGoldie Hawn yang sangat mencuri perhatian sebagai Zook serta cameo dari Dave Franco dan Rob Riggle dari film pertama plus Patton Oswalt dan Queen Latifah. Jangan lupa juga bonus scenes yang digelar seiring end credits-nya sebagai salah satu highlight paling kreatif serta gila dari sekuel ini. While many of us would miss Dustin Nguyens cameo, rolling credits ini memunculkan lebih lagi dari Bill Hader, Anna Faris, Seth Rogen hingga Richard Grieco dari original series-nya.

22JS1

      So yes, dalam penekanan variasi-variasi baru untuk membangun sisi komedinya tadi, sekuel ini tetap bisa membuat kejutan-kejutannya tampil dengan sangat fresh bahkan melebihi instalmen sebelumnya. Playing on the same notes but with new variations, this one will make you laugh so loud ’til you jump out your ass. Freakin’ hilarious! (dan)

22JS9

~ by danieldokter on June 18, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: