STEP UP ALL IN : THE (NOT SO) BIG REUNION

STEP UP ALL IN

Sutradara : Trish Sie

Produksi : Offspring Entertainment, Summit Entertainment, Lionsgate, 2014

SUAI2

            Dance franchise tak pernah sebesar ini. Ada benarnya. Paling tidak, ‘Step Up’ adalah satu-satunya yang bisa bertahan hingga instalmen kelima sekaligus tetap menebar trend-nya ke tengah-tengah kecenderungan industri ke hi-tech blockbusters. Resepnya juga tak aneh-aneh. Kecuali bagi fans beratnya atau nama Channing TatumJenna Dewan yang membuka franchise-nya, kebanyakan kita tak juga mengingat karakter-karakter lainnya. Yang penting hanya satu. Inovasi dance moves and battle, which at least, masih menyisakan satu-dua highlight dari pendahulunya. Di saat epigon saingan terberatnya dari UK, ‘Street Dance’ sudah kehilangan nafas di instalmen kedua bersama spinoff film anak mereka, ‘Step Up’ masih terus berlanjut. Lagi-lagi, bad critics tak jadi masalah ketika box office terus bisa menyediakan jalan untuk kontinuitasnya.

SUAI1

            And so, dibandrol judul ‘Step Up All In’, instalmen kelima ini lebih berupa reuni sebagian karakter-karakter dari keseluruhan instalmennya, dengan lead yang masih tetap dipegang Ryan Guzman dari film sebelumnya, dipasangkan dengan Briana Evigan dari ‘Step Up 2’, plus beberapa karakter baru. Sementara karakter paling diingat, Moose yang diperankan Adam Sevani, yang sudah muncul terus sejak ‘Step Up 2’ terus menyambung benang merah diantara penggantian karakter-karakter lainnya. Tanpa inovasi plot macam-macam atau pengenalan ulang, characters trivia ini justru dengan sendirinya sudah menjadi daya tarik lebih bagi fans-nya bersama tagline keren yang sejalan dengan judulnya. ‘Every Step has Led to This’.

SUAI5

            Kesuksesan mereka dengan kontrak iklan sebuah brand terkenal di akhir film sebelumnya ternyata tak lantas membuat Sean (Ryan Guzman) dan dance crew-nya, ‘The Mob’ bisa bertahan di Los Angeles. Sementara mereka bertolak kembali ke Miami karena mulai kehabisan uang, Sean yang sudah lebih dulu kehilangan partner-nya Emily (Kathryn McCormick di ‘Step Up Revolution’) memilih tetap tinggal hingga ia menemukan kompetisi baru The Vortex dengan imbalan tiga tahun kontrak eksklusif di Las Vegas. Lewat bantuan Moose (Adam Sevani) yang mengenalkannya pada Andie (Briana Evigan), ia membentuk dance crew baru untuk menghadapi kompetisi ini. Namun semua tak berjalan semulus itu. Selain Andie yang masih harus menghadapi trauma akibat cedera masa lalu bersama hubungan mereka yang berkembang lebih dari sekedar partner, Sean juga tak menyangka The Mob beserta sahabat terbaiknya Eddy (Misha Gabriel) bakal jadi seterunya dalam kompetisi ini.

SUAI11

            Oh yeah. Tentu tak ada yang terlalu spesial di soal plot-nya. Walaupun dengan sedikit elemen baru friends became enemies di dalam dramatisasinya, plot utama ‘Step Up All In’ dari skrip yang ditulis oleh John Swetnam tetap ada di ranah dance battle yang harus dimenangkan para jagoannya berikut sempalan love story diantara lead-nya. Ada penampilan komikal yang proporsional dari Izabella Miko, one ofCoyote Uglys girls yang baru muncul juga di film sejenis, ‘Make Your Move’, dan David ‘Kid David’ Shreibman dari ‘Battle Of The Year’, plus chemistry yang cukup baik dari Guzman dan Evigan. Mereka tak berdansa sebaik yang lain, tapi jelas punya kekuatan cukup sebagai lead. Sementara menyambung perannya sebagai Moose, Adam Sevani masih tetap bisa meng-handle karakternya dengan menarik.

SUAI4

            Selebihnya tentu ada di soal koreografi tari, dan ‘Step Up All In’ untungnya tetap bisa menampilkan inovasi-inovasi yang berbeda dari instalmen-instalmen sebelumnya. Di tangan Christopher Kidd yang juga ikut berperan sebagai Hair sejak ‘Step Up 2’ dan Jamal Sims yang sudah menangani koreografi franchise ini sejak ‘Step Up’, sisi ini sama sekali tak tampil mengecewakan. Penyutradaraan yang berpindah ke tangan Trish Sie dari Scott Speer yang jelas lebih fasih atas kerjasamanya di webseriesThe LXD (The Legion of Extraordinary Dancer)’ bersama Jon Chu ternyata bisa mempertahankan adegan dance battle di skup arena jauh lebih kecil ini tetap terlihat fresh. Kiprah Trish Sie atas viral video Youtube-nya bersama band rock saudaranya OK Go mungkin tak banyak terdengar disini, tapi kemampuan lebih Sie lewat karirnya di sejumlah iklan dan music video paling tidak terlihat di dance scenes yang cukup asyik, salah satu yang terbaik ada di adegan Guzman – Evigan di sebuah dead Vegas theme park diiringi lagu pop RnB vintage milik Bobby Brown, ‘Every Little Step‘. Sayang penonton kita tak bisa menikmati versi 3D-nya yang jelas akan lebih menarik lagi.

SUAI10

            Hanya memang, sebagai reunion sequel, apalagi kalau benar sebagai instalmen pamungkasnya, ‘Step Up All In’ masih terasa kurang maksimal memadukan karakter-karakter dari sejarah franchise-nya sejak 2006. Selain arenanya jauh lebih kecil, isu tentang munculnya Channing Tatum dan Jenna Dewan ikut bergabung ke dalamnya, walaupun sekedar cameo, sayangnya tak terbukti. Mungkin hanya real fans-nya yang bisa benar-benar menjawab trivia-trivia kehadiran ulang karakter-karakter itu dengan tepat. Begitupun, ini memang bagian dari dance franchise yang jelas tak punya tendensi lebih selain menghibur penontonnya. Jadi tak usah mengharap lebih. As a (not so) big reunion, ‘Step Up All In’ juga masih jauh dari instalmen terbaiknya. But if you loved another installments, trust me, this one will work just fine. (dan)

SUAI9

~ by danieldokter on August 1, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: