BAJAJ BAJURI THE MOVIE : A WELL CAPTURED ADAPTATION OF THE SERIES

BAJAJ BAJURI THE MOVIE

Sutradara : Fajar Nugros

Produksi : Starvision, 2014

BB11

            Tak seperti Hollywood atau kebanyakan industri luar, adaptasi serial TV ke layar lebar di perfilman Indonesia masih tergolong sangat jarang, dan justru kebalikannya yang sering terjadi. Dan ‘Bajaj Bajuri’ jelas punya resiko lebih berat. Tak hanya karena sitcom aslinya dikenal begitu luas dengan masa tayang sangat panjang sejak 2002, dibalik elemen kultur Betawi yang kental, ia juga sudah menelurkan karakter-karakter ikonik seperti Bajuri, Oneng, Emak, Ucup, Mpok Hindun dan Mpok Minah yang sangat akrab di hati pemirsanya. Apalagi, memang sulit memisahkan image karakter-karakter itu dari pemerannya, diantaranya Mat Solar, Rieke Diah Pitaloka, Nani Wijaya dan Fanny Fadillah. Itu juga yang mungkin membuat rencana panjang mengadaptasinya ke layar lebar jadi berkali-kali gagal terlaksana.

BB4

            Ekspektasi ini jadi makin terdengar kontroversial ketika akhirnya deretan cast-nya dipublikasikan. Walaupun trend membawa sebuah adaptasi dalam inovasi reboot, kembali ke rentang awal sebelum timeline yang ada di source aslinya memang tengah marak di sinema luar, tetap saja, menempatkan terutama Ricky Harun dan Eriska Rein sebagai Bajuri dan Oneng terdengar sangat riskan. Selain faktor looks yang jauh berbeda, kita mungkin tak sepenuhnya percaya mereka bisa memerankan Bajuri dan Oneng dengan baik. Salah satu bandingannya adalah biopik Slank dari PH sama yang menebar banyak kekecewaan di soal-soal miscast. However, ketika teaser-nya muncul di ‘Marmut Merah Jambu’-nya Raditya Dika kemarin sebagai companion promo yang cukup jitu, skeptisisme itu mulai bergeser sedikit. So, seperti apa hasilnya? Let’s take a look at the plot, first.

BB1

            Adaptasi ini membawa kita kembali ke masa-masa awal Bajuri (Ricky Harun) dan Oneng (Eriska Rein) membina rumah tangga dengan intervensi Emak (Meriam Bellina) yang kerap tak percaya dengan niat baik Bajuri terhadap putrinya. Kecurigaan itu makin memuncak ketika Bajuri mendapat durian runtuh atas penjualan tanah warisan almarhum bapaknya sebesar setengah milyar rupiah, sementara ulah Soleh (Dimas Gabra) dan Sahili (Aqshal Pradana) meledakkan empang dengan bom ikan malah membuat Bajuri dan Ucup (Muhadkly Acho) tertuduh sebagai teroris. Ada pula gerombolan perampok (McDanny dan Randhika Djamil) yang digerakkan Hani (Nova Eliza) untuk mendapatkan uang tersebut, yang akhirnya menempatkan Oneng dan Emak sama-sama dalam bahaya.

BB8

            Dengan deretan cast baru, nyaris tanpa satupun cameo dari cast utamanya (kecuali pemeran Mpok Hindun dan Mpok Minah, Tuti Hestuti dan Leslie Sulistiowati yang memerankan karakter lain), membawa plot-nya kembali ke awal memang sebuah taktik yang baik untuk menggelar cerita baru. Namun lebih dari itu, keputusan Nugros bersama penulis skrip Chairul Rijal (‘Nazar’, ‘Bebek Belur’ dan ‘Operation Wedding’) membawa tone-nya ke sebuah chaos comedy dengan sentuhan komedi aksi (lihat saja adegan pembuka yang cukup heboh berikut atraksi kebut-kebutan bajaj di atas jembatan penyeberangan serta cliche climax scene diantara kontainer) diatas lovestory Bajuri – Oneng yang tampil cukup hangat, menggabungkan slapstick dan komedi situasi adalah kejelian lebih. Selain membuat resepsinya akan lebih universal terutama bagi penonton yang tak benar-benar akrab dengan serialnya, walaupun serba klise di ranah genre-nya, bangunan chaos comedy ini bisa tertata dengan balance yang oke.

BB2

            Di atas itu, yang lebih penting adalah keberhasilan Nugros menangkap elemen-elemen penting dalam serial aslinya. Oke, mungkin ada sedikit perombakan tone komedinya ke arah trend sekarang, tak jauh dari film-film komedi Nugros lainnya lewat style komedik cast pendukung seperti Muhadkly Acho, Soleh Solihun, McDanny dan Randhika Djamil, yang akan beresiko hit and miss bagi sebagian segmentasi pemirsanya, namun tak lantas berarti merubah pakemnya, unsur-unsur ikonik dalam source asli itu muncul secara tak terduga, baik sekali.

BB7

         Bahkan tanpa postur mirip dan harus sepenuhnya meniru mimik-mimik slapstick pemeran aslinya, Ricky Harun, Muhadkly Acho, Meriam Bellina serta highlight terbaiknya, Eriska Rein, berhasil menghadirkan jiwa karakter-karakter asli dengan celotehan khas mereka di tengah plot baru ini, dengan nafas romansa budaya Betawi yang kental pula oleh scoring Andhika Triyadi bersama penampilan khusus Jhonny Iskandar dan PMR (Pengantar Minum Racun) dengan iringan lagu-lagu mereka. Belum lagi hilarious supporting cast dan cameo lain yang muncul di sepanjang film. Selain Surya Insomnia yang cukup unik memerankan waria Susi, ada Enno Lerian, Rizky Hanggono, Rebecca Reijman, Joe P Project, Henky Solaiman dan Ingrid Widjanarko, serta yang menyematkan tribute ke serial/sinetron komedi lawas kita, Jimmy Gideon, Rohana ex-Srimulat, Firdha Razak (credited as Firdha Rizky) dan Ferina Widodo.

BB6

            So, against many skepticism, ‘Bajaj Bajuri The Movie’ sebenarnya adalah sebuah adaptasi yang berhasil menangkap nafas asli source-nya, apalagi dalam terms hiburan menyambut liburan Idulfitri yang jadi peak season perilisan film lokal kita. Walaupun masih ada resiko untuk resepsi komedinya secara keseluruhan, terutama segmentasi yang tak sejalan dengan gaya bertutur komedi Nugros biasanya, tapi bangunan chaos comedy yang oke diatas elemen-elemen sitcom asli berikut karakter ikoniknya yang tergelar dengan baik, itu jelas merupakan sebuah keberhasilan. A well captured and hilarious adaptation of the series. (dan)

~ by danieldokter on August 2, 2014.

One Response to “BAJAJ BAJURI THE MOVIE : A WELL CAPTURED ADAPTATION OF THE SERIES”

  1. dalam kondisi duit cekak kemarin, saya hanya bisa menonton satu film bulan lalu dan saya memilih Bajaj Bajuri. Dan saya tidak kecewa!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: