GUARDIANS OF THE GALAXY : HOW MARVEL CREATED THEIR SPACE ADVENTURE

GUARDIANS OF THE GALAXY

Sutradara : James Gunn

Produksi : Marvel Studios, Walt Disney Studios Motion Pictures, 2014

GOTG16

            Ooga chaka. Oh yeah, kita sudah melihat saat Marvel Studios dan Kevin Feige saat mereka bersenang-senang di ‘The Avengersand many ways to it. Berserius-serius di ‘Captain America : The Winter Soldier’ kemarin. Tapi kita belum pernah melihat mereka bercanda. I mean, totally joking. Believe it or not, inilah hasilnya.

GOTG2

 

            And oh yes, biar sebagian comic-geeks, mostly Marvel’s, sudah tahu siapa-siapa saja yang pernah menjadi ensembleGuardians of the Galaxy’ sepanjang sejarah sejak kemunculan pertama mereka di tahun 1969 dengan banyak character crossover yang saling bersinggungan dalam comic universe tersebut, ‘Guardians of the Galaxy’ bukanlah sepopuler ‘The Avengers’ dan tokoh-tokoh lain dari Marvel yang jauh lebih dikenal. However, Feige dkk memang sudah menyiapkan jalan bagi superheroes ensemble ciptaan Dan Abnett dan Andy Lanning ini untuk digabungkan ke dalam Marvel Cinematic Universe.

GOTG6

            Satu yang terasa aneh adalah ketika mereka mempublikasikan nama James Gunn untuk menggarap film ini. To those who know, dalam karir dan deretan filmografinya, Gunn lebih dikenal sebagai sineas dibalik segudang film-film yang lebih berstatus nyeleneh ketimbang potensi-potensi yang lain. Dari produksi-produksi Troma-nya Lloyd Kaufman yang masuk ke kelas B – low budget cult seperti ‘Tromeo and Juliet’ atau ‘The Toxic Avenger IV’ hingga ‘Slither’ dan ‘Super’, pun kalau ada dua blockbuster disana, ‘Scooby-Doo’ dan ‘Dawn of the Dead’, juga hanya sebagai penulis skrip. Tak heran kalau Lloyd Kaufman selalu muncul di film-filmnya sebagai cameo atas jasa sebagai mentor sekaligus Troma yang sudah membesarkan namanya.

GOTG8

            Tapi inilah Marvel. Seperti nama yang diusungnya, mereka selalu punya cara untuk membentuk unlikely elements menjadi sebuah keajaiban. Feige seakan tahu, di tangan James Gunn, dukungan mereka akan membuat ‘Guardians of the Galaxy’ yang sama-sama dialamatkan Gunn sebagai sekumpulan oddballs, outcasts and geeks serta diarahkan ke ranah space adventure akan membuat tone-tone epigon serba ngaco terlihat seperti pionirnya. ‘Star Crash’, ‘The Ice Pirates’, ‘Battle Beyond The Starsor evenFlash Gordon’ ‘80an yang terlihat semegah ‘Star Wars’ dalam kualitasnya. Tambahkan nods ke vintage pop culture dari ‘70s rock classic ke Motown’s legendary pop hits sebagai pelengkap candaannya, selagi saingannya DC jatuh bangun menciptakan konsep, oh yes, apapun yang disentuh Feige seakan berubah jadi emas. We’re now looking at a critically acclaimed sekaligus kandidat summer’s biggest success tahun ini. Ooga chaka!

GOTG14

            Tepat sepeninggal ibunya karena kanker di tahun 1988, Peter Quill (dewasanya diperankan Chris Pratt), diculik dari bumi (Terra) oleh The Ravagers, space pirates yang dipimpin Yondu Udonta (Michael Rooker). Tumbuh besar sebagai salah satu dari mereka yang menjuluki dirinya Star-Lord, usahanya mencuri sebuah orb dari Planet Morag diintervensi oleh Korath (Djimon Hounsou), algojo Ronan (Lee Pace) dari ras Kree. Walau berhasil memperoleh barang tangkapannya, ulahnya hendak mempecundangi Yondu yang sudah seperti ayahnya sendiri membuat ia jadi diburu oleh The Ravagers ke planet Xandar yang dijaga oleh Nova Corps di bawah pimpinan Irani Rael (Glenn Close). Disini, Quill juga harus menghadapi Gamora (Zoe Saldana), pembunuh bayaran putri angkat penguasa galaksi Thanos (Josh Brolin, uncredited) yang dikirim Ronan, bersama dua bounty hunter, rakun rekayasa genetik Rocket (Bradley Cooper) dan asistennya, humanoid berbentuk pohon Groot (Vin Diesel). Kekacauan itu membuat Quill, Gamora, Rocket dan Groot dilempar ke penjara Klyn. Disitulah mereka lantas bertemu Drax (Dave Bautista) yang menyimpan dendam terhadap Ronan yang sudah membunuh keluarganya. Atas motivasi masing-masing, mereka lantas terpaksa bekerjasama untuk melarikan diri dari Klyn, kejaran Yondu dan juga Ronan lewat saudara angkat Gamora, Nebula (Karen Gillan), sekaligus seketika menemukan takdir mereka berjuang menyelamatkan kehancuran galaksi dari Infinity Stone, isi orb berkekuatan tanpa batas yang diperebutkan Ronan dan Thanos.

GOTG13

            I tell you what. Meski punya chaotic plot dibalik ensemble karakter yang bukan juga hal baru di genre sejenis, skrip James Gunn dan Nora Perlman, script doctor di ‘Thor : The Dark World’-lah yang dengan unik mengalihkannya jadi petualangan seru diatas konsistensi nyeleneh bak film-film Troma atau epigon-epigon space adventures setelah kesuksesan ‘Star Wars’. Seakan dibangun dengan sketsa-sketsa penuh canda, lepas dari 5 menit scene awal menuju post credit yang tak disadari banyak orang memuat tribute ke sejarah penting dari jatuh bangun adaptasi film Marvel dulu lewat salah satu unlikely superhero character mereka yang kita belum tahu bakal diarahkan kemana, bahkan tanpa harus punya detil di set dan pendalaman universe-nya, visualisasinya menjadi begitu hidup diatas detil konsep karakter beserta cast-nya.

GOTG5

           Dengan kesempurnaan jauh di luar ekspektasi, Chris PrattZoe Saldana, this time in greenDave Bautista plus Bradley Cooper dan Vin Diesel, masing-masing sebagai rakun nyentrik dan manusia pohon ala Han Solo dan Chewbacca, membentuk ensemble yang solid bahkan lebih dari apa yang bisa kita temukan di tiap ensemble berbeda dalam sejarah panjang komiknya. Begitu menariknya bentukan karakter ini memberikan ruang tak terbatas bagi mereka untuk berganti-ganti mencuri layar sebagai straightly memorable characters hanya dengan satu instalmen pemula.

GOTG9

            Di saat karakter-karakter Marvel lain yang sudah jauh lebih dikenal saja membutuhkan jalan panjang untuk membentuk assemble-nya di ‘The Avengers’, karakter-karakter ini bisa langsung melekat dengan cepat baik bagi fans maupun pemirsa yang belum pernah menikmati source aslinya. Kebengalan Rocket dalam layer berbeda dengan Star-Lord, ketangguhan Gamora dan kerasnya temperamen Drax, menyatu bersama jargon ‘I Am Groot’ yang begitu iconic dibalik karakter kids-friendly Groot yang langsung mencuri hati tiap pemirsanya. Dan walau sebagian dari kita bisa percaya bahwa sebenarnya mereka tak juga perlu aktor sebesar Cooper atau Diesel untuk menghidupkan Rocket dan Groot, inilah digdaya Marvel menunjukkan taringnya dalam ranah comicbook movies atau fantasy blockbusters.

GOTG15

           Bersama itu, visual dengan detil warna-warni hasil sinematografi Ben Davis yang membuat presentasi 3D-nya makin cantik, pameran CGI, performance capture hasil keroyokan MPC (Moving Picture Company, Framestore, Luma Pictures, Method Studios, Sony Picture Imageworks dan ILM) dan gelaran aksi, dari combat fights, shootouts ke intergalactic wars with exploding spaceships-nya pun membentuk paduan solid bersama pop-culture nods lewat tampilan ‘80s gadgets-nya.

GOTG4

         Dari walkman ke tapedeck dengan ikon ‘Awesome Mixtapes’ yang bukan hanya bekerja sebagai asesoris tapi juga jadi salah satu konklusi terpenting plot, action highlights that’s gonna leave you go ‘woohoo!’ sekaligus ke bangunan karakter utamanya, alunan soundtrack classic hits dengan genre crossover dari David Bowie, Eric Carmen & Raspberries10cc, The Runaways, Norman Greenbaum, Marvin Gaye & Tammi Terrell, The Jackson 5 plus ‘Hooked On A Feeling’-nya Blue Swede dan scoring Tyler Bates itu pun membuat ‘Guardians of the Galaxy’ jadi begitu bernyawa. Tanpa pernah dibayangkan sebelumnya, bisa sukses menggabungkan petualangan luar angkasa yang seru dan beat yang membuat kaki bisa ikut bergoyang jauh setelah film berakhir seperti bonus scene-nya Groot. Tone-nya boleh jadi lebih dekat ke epigon space adventures genre daripada balutan serius seperti ‘Star Wars’, tapi blend keseluruhannya, jelas ada di blockbuster kelas satu.

GOTG11

           Masih ada pula dukungan cast yang tak kalah keren dari ensemble utamanya. Dari Karen Gillan yang baru muncul dalam ‘Oculus’ sebagai Nebularival seimbang bagi Gamora, Michael Rooker, Lee Pace, Gregg Henry ke award class cast seperti John C. Reilly, Djimon Hounsou hingga Benicio Del Toro sebagai Taneleer Tivan/The Collector yang sudah kita lihat di post creditsThor : The Dark World’, uncredited Josh Brolin sebagai Thanos bahkan Glenn Close, ini tentu bukan ada di kelas yang main-main. Dan seperti biasanya, ada pula cameo dari Stan Lee, dan karena ini filmnya James Gunn, jelas ada Lloyd Kaufman dan dirinya sendiri di deretan cameo itu.

GOTG12

         Becoming the winner of this summer, bahkan mungkin sepanjang tahun ini, or Star Wars of this generation, sekali lagi, inilah kedigdayaan Marvel dan Feige. Kekuatan konsep dalam menuangkan adaptasi komik-komik mereka ke sebuah universe yang solid bernama Marvel Cinematic Universe. Saat kita berpikir mereka sudah sampai ke puncak yang tak mungkin bakal bisa lebih lagi, inovasi baru itu tak henti-hentinya mengejutkan kita. Dan ‘Guardians of the Galaxy’ jelas merupakan salah satu bukti paling kuat dari MCU, bahwa di saat menyuguhkan sesuatu dengan konsep penuh canda dari less popular characters dan kiprah seorang unlikely director saja, hasilnya bisa se-luarbiasa ini. This is how Marvel created their space adventure, and trust me, you’ll be hooked on a feeling. Ooga chaka! (dan)

GOTG10

~ by danieldokter on August 24, 2014.

6 Responses to “GUARDIANS OF THE GALAXY : HOW MARVEL CREATED THEIR SPACE ADVENTURE”

  1. mantap reviewnya pak, Ooga Chaka!

  2. Film ini memang di luar ekspektasi deh. Gak nyangka sebagus ini hasilnya. Marvel selalu bisa mengejutkan. Nice review

  3. […] GUARDIANS OF THE GALAXY – Stephane Ceretti, Nicolas Aithadi, Jonathan Fawkner and Paul Corbould […]

  4. […] GUARDIANS OF THE GALAXY – Stephane Ceretti, Nicolas Aithadi, Jonathan Fawkner and Paul Corbould […]

  5. […] GUARDIANS OF THE GALAXY (2014, USA, James Gunn) […]

  6. […] GUARDIANS OF THE GALAXY (2014, USA, James Gunn) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: