THE NOVEMBER MAN : A WEAK PLOT OVER AN EXCITING MENTOR VS PROTEGÉ SPY THRILLER

THE NOVEMBER MAN 

Sutradara : Roger Donaldson

Produksi : Irish DreamTime, SPD Films, Relativity Media, 2014

NOV8

            Meski bukan lagi seorang James Bond, Pierce Brosnan mungkin sudah kangen tampil sebagai seorang agen rahasia. That’s why, ‘The November Man’ yang diangkat dari novel ‘There Are No Spies’ karya Bill Granger dari novel series berjudul sama punya namanya di deretan produser / produser eksekutif, dan memang, PH Irish DreamTime adalah milik Brosnan bersama partnernya, Beau St. Clair. Rights ke novel Granger sendiri sudah sejak lama dibeli Brosnan dan sempat terkendala di tahun 2007 sampai akhirnya diteruskan lagi tahun lalu.

NOV5

            Now having his own spy movie, dalam tradisi old-fashioned, genre-cliche action/thriller atau apalah sebutannya, Brosnan juga merekrut dua nama lawas di sutradara dan salah satu eksekutif produsernya. Dua nama itu, baik sutradara Roger Donaldson yang sebelumnya bekerjasama dengan Brosnan di ‘Dante’s Peak’ dan produser D. Constantine Conte memang bukan lagi nama baru di genre aksi (Donaldson lewat ‘No Way Out’, ‘The Getaway’ dan ‘The Recruit’ serta Conte lewat dwilogi ’48 Hrs.’, ‘Presidio’ dan ‘No Mercy’).

NOV6

        Untuk menekankan kesamaannya ke Bond franchise, Brosnan juga dengan sengaja meng-casting Olga Kurylenko sebagai female lead-nya. Namun yang paling menarik, tetaplah Luke Bracey, yang masuk menggantikan Dominic Cooper di saat-saat terakhir pre-produksinya. Lewat the upcomingPoint Breakremake, Bracey yang mirip Sean Bean versi muda akan memerankan karakter Keanu Reeves, Johnny Utah, di film aslinya, memang sedang disiapkan jadi bintang aksi baru Hollywood. Pertanyaannya sekarang adalah apakah ‘The November Man’ akan berlanjut menjadi spy franchise berdasar novel Granger lainnya, atau sekedar mentok disini.

NOV3

          Agen CIA veteran Peter Deveraux (Pierce Brosnan) yang memiliki code nameThe November Man’ (dalam artian begitu ia lewat, semua di belakangnya mati) sudah lama pensiun sejak sebuah trauma di misi masa lalunya. Kini, direkrut kembali oleh mantan atasannya (Bill Smitrovich) untuk mengamankan agen CIA undercover, Natalia Ulanova (Mediha Musliovic) yang menyimpan informasi penting tentang seorang politikus mantan penjahat perang Federov (Lazar Ritovski), misi ini berubah menjadi perang pribadi Deveraux. Pasalnya, selain penyamaran Natalia yang ternyata juga adalah kekasih Deveraux terbongkar dan menempatkannya sebagai korban oleh tim lain yang dikirimkan petinggi operatif CIA lainnya, Perry Weinstein (Will Patton), eksekutornya adalah David Mason (Luke Bracey), mantan partner sekaligus muridnya yang berada dibalik trauma masa lalu itu. Keluar untuk membalaskan dendamnya, Deveraux lantas menemukan dirinya terjebak di tengah kasus gadis-gadis pengungsi Chechnya yang terbunuh bersama reporter New York Times (Patrick Kennedy), dengan satu-satunya pekerja agensi Alice Fournier (Olga Kurylenko) yang lewat rahasia masa lalunya punya koneksi sekaligus ke Federov dan intrik-intrik spionase dibaliknya.

NOV7

       So you see, alur itu sudah cukup buat menjelaskan kekurangan terbesarnya. Meski diangkat dari novel spionase ketujuh petualangan titular character-nya, ‘The November Man’, subplot adaptasi ini terpecah-pecah lumayan jauh satu dengan yang lain, dan skrip yang ditulis Michael Finch bersama Karl Gadjusek (‘Trespass’ dan ‘Oblivion’, dua film dengan kualitas bertolak belakang) tak mampu membuat motivasi tokoh utamanya jadi terlihat jelas diatas subplot yang saling tumpang tindih tersebut.

NOV2

          Apa yang muncul adalah plot intrik spionase antar negara dan sekelumit kisah politik soal Perang Chechnya ke-2 yang tertinggal sebagai gimmick tak penting dibalik kisah perang pribadi Deveraux, yang memang terbangun dengan solid bersama chemistry-nya lewat penampilan Luke Bracey yang menyapu bersih semua perhatian penonton ke layar. Dengan intensitas hampir sekuat tema-tema mentor vs protegé yang sama kuat dengan ‘The Mechanic’-nya Michael Winner (Charles Bronson vs Jan Michael Vincent) atau assasins rivalry alaAssassins’-nya Richard Donner (Sylvester Stallone vs Antonio Banderas), sisi ini benar-benar menggerus kepentingan karakter Alice yang diperankan oleh Olga berikut interkoneksinya ke karakter lainnya, membuat motivasi Deveraux melindungi Alice jadi sedikit kehilangan logika dalam penelusurannya, juga ke love sparks yang awkward. Belum lagi seabrek karakter lain termasuk kekasih sang protegé, yang diperankan oleh Eliza Taylor, yang berakhir sekedar tempelan yang sama tak pentingnya dengan subplot-subplot yang seakan digarap tanpa awal dan ujung yang berarti.

NOV4

            Begitupun, bukan berarti ‘The November Man’ jadi sama sekali tak menarik. Walau dibalut dengan motivasi serba kabur untuk membuat keseluruhan plotnya bisa berjalan bersama, tapi kelihatan tetap payah, Brosnan tetap masih menyisakan dayatariknya di genre ini. Meski perutnya sudah semakin membesar dengan wajah dipenuhi garis-garis penuaan, gesturnya sebagai agen rahasia tangguh masih sangat meyakinkan. Seakan ada di tengah-tengah franchise Bond dan Bourne, set-nya yang sebagian berlokasi di Serbia juga tampil cantik di tangan DoP Romain Lacourbas. Amila Terzimehić yang memerankan Russian female assassin Alexa pun lumayan. And again, yes, meski kita bisa menebak kemana konklusi akhir perang mentor vs murid ini, pairing up Brosnan bersama Bracey-lah yang paling dahsyat dan berjasa menyelamatkan ‘The November Man’ sebagai cat vs mouse action yang cukup menarik bersama shootout scenes dan adegan-adegan aksi seru yang bertaburan di sepanjang film. Tapi selebihnya, ya begitulah. A weak plot over an exciting mentor vs protegé spy thriller. (dan)

NOV1

~ by danieldokter on September 19, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: