LET’S BE COPS : AN AVERAGE FUN BUDDY COMEDY

LET’S BE COPS 

Sutradara : Luke Greenfield

Produksi : WideAwake, 20th Century Fox, 2014

LBC

            Bukan rahasia lagi kalau akhir-akhir ini ada stagnansi tema yang melanda film-film Hollywood, yang kerap membuat mereka membongkar kembali resep-resep lama di banyak genre-nya. Genre buddy comedy sendiri sebenarnya tak pernah mati, namun mungkin cukup lelah mencari inovasi baru seperti yang berhasil dibawa franchise reboot21 Jump Street’, hal termudah yang bisa dilakukan adalah cukup dengan bongkar pasang lead baru.

            But, ‘Let’s Be Cops’ yang boleh dibilang cukup berani bersaing di tengah waktu-waktu akhir summer blockbusters ini, bukannya sama sekali tak punya profile. Sutradaranya, Luke Greenfield, sudah menghasilkan beberapa subgenre komedi dari ‘The Animal’, ‘The Girl Next Door’ dan ‘Something Borrowed’, dan punya nama Simon Kinberg di produsernya, lebih hebat lagi. Mengisi part ‘buddy’-nya, ada Damon Wayans, Jr., pemegang legacy Wayans Brothers dan Jake Johnson, aktor-komedian yang kerap menyeberang ke film-film indie yang kredibel (‘Safety Not Guaranteed’ dan ‘Drinking Buddies’ ada diantaranya). Belum lagi menyebut Andy Garcia dan James D’Arcy sebagai supporting actor-nya. Dengan profile cukup lumayan dan keberaniannya, perolehan box office-nya pun tak sekedar main-main.

            Dua sahabat, Justin (Damon Wayans, Jr.), desainer video game idealis yang tertekan dengan atasannya dan Ryan (Jake Johnson), mantan quarterback kampus yang gagal meraih puncak popularitasnya tengah berada dalam krisis identitas di usia mereka. Secara tak sengaja, akibat salah kostum di reuni kampusnya, mereka malah keterusan menyaru menjadi polisi. Semakin dalam menikmati identitas hoax-nya, mereka akhirnya terjebak dalam intrik operasi mafia Albania dan terpaksa meneruskan semuanya demi keselamatan mereka sendiri.

            Meski premisnya tak lagi fresh, ‘Let’s Be Cops’ sebenarnya sudah memenuhi satu syarat terpenting dalam sebuah buddy action comedy. Walau Damon Wayans, Jr. masih tergolong jarang dijadikan jualan utama dalam filmnya (oh, lupakan ‘Dance Flick’ produksi keluarganya itu) dan masih terlihat belum total menemukan style komedi khas seperti sang ayah diantara saudara-saudaranya sesama komedian, ia membentuk chemistry yang erat dengan Jake Johnson. Luke Greenfield yang menulis sendiri skripnya bersama Nicholas Thomas juga bisa membagi batasan karakternya dengan baik untuk membiarkan keduanya saling mengisi dalam sebuah improvisasi komedi yang cukup meriah.

            Sementara supporting cast-nya juga mampu memberikan dukungan yang baik terhadap penampilan mereka. Bersama Nina Dobrev yang secara fisik cukup bekerja menambah dayatarik jualannya, ada komedian Rob Riggle serta Keegan-Michael Key yang sangat mencuri perhatian di tengah obrak-abrik tampilannya sebagai Pupa. Namun tampil lebih menonjol ketimbang Andy Garcia, adalah James D’Arcy, juga dibalik mockup looks-nya, sebagai karakter antagonis utama yang tak harus ikut-ikutan melucu diantara permainan slapstick para komedian ini.

            Sayangnya, usaha mereka menampilkan ragam komedi slapstick yang menyerempet profanity serta sickjokes-sickjokes lain masih dipenuhi hit and miss. Di saat sebagiannya terasa benar-benar hilarious hingga membuat penontonnya bisa tertawa hingga sakit perut, masih cukup banyak joke-joke yang terasa datar di tengah kecanggungan Wayans, Jr. dan tingkah over Johnson.

                Sementara, sisi action-nya pun tak di-push untuk terlihat seperti buddy action comedy blockbuster lain dengan profil lebih tinggi seperti ‘Bad Boys’ ataupun ’21 Jump Street’. Greenfield agaknya lebih memilih tampilan old fashioned buddy comedy era ’80-an yang hampir tak pernah menampilkan action yang benar-benar menggelegar. An average fun buddy comedy, yes, namun paling tidak, dengan kesuksesan yang diraih lewat pendapatan lebih dari lumayan itu, kalaupun nantinya ‘Let’s Be Cops’ akan berlanjut ke sebuah sekuel, this is quite a good start. (dan)

~ by danieldokter on October 11, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: