MY MOVIE JOURNAL : THE BEST INDONESIAN MOVIES OF 2014

MY MOVIE JOURNAL : THE BEST INDONESIAN MOVIES OF 2014

collage-2014-12-31 (1)

            Tak seperti tahun lalu, jumlah penonton kita di tahun ini justru menurun. Slot akhir tahun yang seharusnya jadi perebutan film-film Indonesia berkelas blockbuster-pun tak bisa membantu mendongkrak jumlah penontonnya, di luar dua yang secara kualitas tak lebih baik namun berhasil lebih menjual.

           Masih terlalu banyak faktor yang harus menjadi bahan pengamatan, dan di kala pola selera penonton belum bisa terlihat jelas, produk-produk yang ada pun belum mampu membangun pola buat seleranya. Dengan kebanyakan film masih mengandalkan syuting di luar negeri, berlindung dibalik sinematografi cantik, dan masih banyak lagi kecenderungan lain, pelaku-pelaku industri dan segenap stakeholder-nya pun, dari pengamat hingga penonton, pun masih sangat terkotak-kotak atas militansi masing-masing ke arah harapan-harapan sinema Indonesia masa depan yang saling berbeda.

         So let’s keep on hoping. Paling tidak, dengan adanya asosiasi-asosiasi insan perfilman yang terbentuk di bawah BPI yang sudah menarik penyelenggaraan event-event awarding ke tangan mereka di tahun pertamanya, mudah-mudahan penyatuan visi ini bisa tercapai nantinya. Di luar itu, usaha-usaha dari pencinta film Indonesia seperti yang ada di Piala Maya, yang sudah menginjak usia ke-3 dan semakin berkembang pada visi-visi lain untuk mengajak semua yang terlibat dalam film Indonesia untuk bisa duduk bersama tanpa batas, mungkin juga bisa jadi alternatif untuk terus menunjukkan ke masyarakat terutama pengguna social media, bahwa masih ada film Indonesia yang layak buat diapresiasi.

          And here’s my list of this year’s finest 14. Di luar pencapaian-pencapaian mutlak sebagian karya, sebagian diantaranya mungkin masih punya kekurangan yang jelas. But nevertheless, masing-masing yang ada di list ini juga memiliki admirable efforts di sisi pembaharuan tema, gagasan, production values atau hal-hal teknis lain yang sangat layak buat didukung. Mari dukung dan terus beri apresiasi untuk film Indonesia berkualitas.

  1. CAHAYA DARI TIMUR: BETA MALUKU

 2014I-1

  1. THE RAID 2: BERANDAL

 2014I-4

  1. SEBELUM PAGI TERULANG KEMBALI

 2014I-2

  1. PENDEKAR TONGKAT EMAS

 2014I-6

  1. SELAMAT PAGI, MALAM

 2014I-8

  1. COMIC 8

 2014I-7

  1. KILLERS

 2014I-5

  1. MARI LARI

 2014I-14

  1. 3 NAFAS LIKAS

 2014I-3

  1. TABULA RASA

 2014I-tabula

  1. THE SUN, THE MOON & THE HURRICANE

2014I-The sun

   12.  STREET SOCIETY

 2014I-street

  1. 12 MENIT UNTUK SELAMANYA

 2014I-12 menit

  1. SUPERNOVA: KSATRIA, PUTRI DAN BINTANG JATUH

2014I-supernova

(dan)

~ by danieldokter on December 31, 2014.

One Response to “MY MOVIE JOURNAL : THE BEST INDONESIAN MOVIES OF 2014”

  1. Really? Main ‘aman’ dan ‘semua film pasti ada bagusnya’ mungkin bisa kasih jalur buat anda masuk ‘pergaulan’. Tapi, buat industri? Anda ini bakteri, Pak Dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: