SPY: A STRAIGHT OUT FUN AND HILARIOUS ESPIONAGE SPOOF

SPY

Sutradara : Paul Feig

Produksi : Chernin Entertainment, Feigco Entertainment, 2015

spy

            Walaupun ada, female comedy leads agaknya tak pernah mendominasi komedian pria di Hollywood. Melissa McCarthy adalah satu diantara yang cukup jarang itu, apalagi dalam usianya yang tak lagi muda. Yang dijual pastilah tampilan fisiknya yang memang kerap dijadikan bulan-bulanan fat-lady jokes untuk tendensi komedi. Begitupun, meski sudah punya sejumlah film sebagai lead, semua harus mengakui kalau orang yang paling mengerti meng-handle bakatnya adalah Paul Feig ; one of the hottest names in Hollywood comedy industry sekarang, sekaligus orang paling berjasa dalam melambungkan karir McCarthy lewat ‘Bridesmaids’ yang langsung mendaratkannya sebagai Oscar nominee untuk best supporting actress.

            Setelah ‘The Heat’, Feig’s buddy action comedy yang memasangkannya dengan Sandra Bullock, McCarthy melaju sebagai single lead dalam espionage parody ini. Sebagai comic version dari James Bond, ‘Spy’ memang tak menawarkan sesuatu yang benar-benar baru. Tapi di tangan Feig dan McCarthy, ditambah kolaborasi supporting cast menarik dari Jude Law, Rose Byrne and surprisingly, Jason Statham, yang terbaca jelas adalah comedy blockbuster yang bahkan berani bertarung di tengah hangatnya persaingan boom-bang franchise lain dalam musim panas ini.

            Sebagai veteran di CIA, Susan Cooper (Melissa McCarthy) memang sudah lama mendambakan posisi operatif lapangan ketimbang tugasnya dibalik headset dan layar komputer untuk memandu agen Bradley Fine (Jude Law), suave ladykiller yang diam-diam dikaguminya. Kesempatan itu muncul kala pemasok senjata Rayna Boyanov (Rose Byrne) berhasil mempecundangi Fine dalam salah satu misinya melacak penjualan nuklir pada gembong mafia Italia DeLuca (Bobby Cannavale). Walau ditentang mati-matian oleh Rick Ford (Jason Statham), agen rahasia Inggris bermulut besar yang suka ceroboh, Susan berhasil meyakinkan Elaine Crocker (Alison Janney), atasannya, untuk terjun ke lapangan menyelidiki kasus ini. Tentu saja semua berjalan penuh kekacauan, terlebih dibalik identitas rahasianya yang kerap menempatkan Susan sebagai bahan olok-olokan ketimbang seorang agen wanita tangguh.

            Yes, it’s an espionage spoof, yang sudah berulangkali menjadi resep baku komedi aksi diatas template-template baku ala James Bond. Namun ‘Spy’ punya racikan yang sangat fokus di tangan Feig sebagai orang yang tahu benar potensi McCarthy. Skrip yang seperti biasa, ditulis oleh Feig sendiri, memang tahu menempatkan dayajualnya pada kekonyolan demi kekonyolan serta harsh fat-lady jokes yang dipicu McCarthy sebagai tokoh sentralnya. Sementara elemen-elemen parodinya termasuk opening credits dengan tampilan khas James Bond, lengkap dengan theme song and silhouette styles. Hampir tak ada missed tendencies dari tiap comedic scene di bawah kolaborasi mereka, bahkan sebagian besar diantaranya punya kualitas memorable yang masih terus bisa membuat pemirsanya tertawa hanya dengan mengulang cerita.

            Namun yang membuat ‘Spy’ jadi makin bersinar dalam wrapping keseluruhannya adalah racikan unik dalam bangunan no holds barred action yang tak ragu-ragu menginjeksikan violence ke dalamnya, serta supporting ensemble yang benar-benar bisa bekerja dalam setup-setup komedi dengan chemistry juara. Dibalik tampilan suave-nya sebagai James Bond wannabe, Jude Law jelas pilihan tepat. Rose Byrne sebagai female villain pun sama baiknya bersama Miranda Hart yang memerankan Nancy, partner sekaligus sahabat Susan dan Allison Janney sebagai atasannya. Masih ada gimmick penuh mocking dari 50 Cent yang lagi-lagi memerankan dirinya sendiri dalam film komedi, plus aktris Bollywood Nargis Fakhri yang kebagian satu action highlight lewat violent catfight scene-nya dengan McCarthy.

            Terakhir tentulah kejutan terbesarnya diatas penampilan Jason Statham ke tengah-tengah ensemble ini. Bentukan Feig ke karakter bigmouthed Ford dengan dialog-dialog bombastis ala Chuck Norris’ myths benar-benar berhasil dibawakan Statham dengan luarbiasa menggelitik. Tak ada yang berubah dari gestur dan temperamennya seperti di film-film aksi Statham biasanya, namun disini semua berbalik menjadi lelucon konyol yang menempatkan Statham sebagai bulan-bulanan dalam distraksi komedinya, dari awal kemunculannya ke adegan penutup yang gokil hingga dua adegan tambahan di awal serta akhir end creditsSpy’. In comedy terms, Feig jelas sudah membidik tiap targetnya dengan presisi tepat. A straight out fun and espionage spoof, yang bahkan mungkin membuat kita menginginkan petualangan Susan Cooper and her fellow agents tak berhenti hanya sampai disini. Freakin’ hilarious! (dan)

~ by danieldokter on May 25, 2015.

2 Responses to “SPY: A STRAIGHT OUT FUN AND HILARIOUS ESPIONAGE SPOOF”

  1. Ah gw menanti film ini nih. Lihat trailernya lucu. Statham jadi tokoh yg agak bego yak?

  2. Haha lht flm ini jd sakit perut krn ketawa terus, stlh Kingsman mngkn ini flm ke 2 bertema spy yg asyik untuk disaksikan, mn Jason Statem di buly habis2an di sn, tp bs jg dia main komedi. Scane plng lucu wkt Susan Cooper balas dendam di pesawat dngn mnjdikan Rayna Boyanov sprti sendwich manusia haha. Yup smg dibikin sequelnya dh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: