THE INTERN: A WARM, LOVELY AND INSIGHTFUL ROM-COM, MEYERS’ WAY

THE INTERN

Sutradara: Nancy Meyers

Produksi: Warner Bros, 2015

the intern

            There’s something about rom-com and Nancy Meyers. Sebagai sebuah signature sepanjang rentang karir-nya di Hollywood, Meyers juga punya konsistensi kuat dalam etos kerjanya di genre ini. Name most of them. Dari kiprahnya sebagai scriptwriter dan produser sejak ‘Private Benjamin’, karya pertama yang sudah menghadiahi Writers Guild Awards dan Oscar nominee untuknya, ‘Baby Boom’, ‘I Love Troubleand mostlyFather of the Bridedwilogy bersama mantan suaminya Charles Shyer, ke kursi penyutradaraannya di ‘The Parent Trap’, ‘What Women Want’, ‘Something’s Gotta Give’, ‘The Holiday’ dan ‘It’s Complicated’, semua adalah ‘everyone’s favorites’ dalam genre-nya, terutama dalam tema-tema adult relationships. Meyers really had something in telling these kind of stories.

            ‘The Intern’ pun belum beranjak dari sana. Hadir diantara high profile blockbusters macam ‘Everest’ dan ‘The Martian’, showcase terbarunya yang dibintangi Robert De Niro dan Anne Hathaway dibangun di atas fenomena sosial yang sangat relevan ke sebuah e-commerce scene yang tengah marak sekarang. Disitu, Meyers menuangkan signature-nya yang seperti biasa tak hanya sekedar bicara soal boy meets girl or so di ranah rom-com, tapi interkoneksi multi karakter yang jauh lebih dalam untuk memaparkan – lagi-lagi, an idea of human relationships.

            Ben Whitaker (Robert De Niro) yang tengah berada di titik-titik kebosanan rutinitas usia lanjut setelah ditinggal mati istri dan pensiun dari pekerjaannya, mendaftar ke sebuah program internship senior yang diadakan oleh sebuah perusahaan e-commerceAbout the Fit’ yang sedang berkembang pesat milik seorang wanita karir ambisius Jules Ostin (Anne Hathaway). Walau berarti harus menyesuaikan etos kerja tradisionalnya ke scene penuh teknologi dan karyawan-karyawan modern, Ben menganggap ini menjadi kesempatan untuk keluar dari masalahnya. Hanya saja, oleh partner Jules; Cameron (Andrew Rannels), ia ditugasi menjadi asisten pribadi Jules yang memang punya isu sulit bekerjasama terlebih dengan karyawan yang berusia jauh lebih tua. Bersama rekan-rekan kerja barunya; Jason (Adam DeVine), Davis (Zack Pearlman), Lewis (Jason Orley), Becky (Christina Scherer) bahkan masseuse freelance Fiona (Rene Russo) yang jadi teman dekatnya, penolakan demi penolakan Jules yang ditanggapi Ben dengan sabar diatas sebuah komitmen serius akhirnya mulai bisa meruntuhkan hati wanita ini, namun disini juga akhirnya ia masuk lebih dalam ke kehidupan pribadi Jules bersama suaminya Matt (Anders Holm) dan putri satu-satunya, Paige (JoJo Kushner), yang tak seperti apa yang kelihatan di permukaan; sementara Jules tengah berada dalam dilema besar untuk memilih ‘About the Fit’ atau menyelamatkan keluarganya.

            Seperti film-film Meyers lain yang tak pernah lepas dari skrip penulisannya sendiri, ‘The Intern’ juga menyuguhkan kedalaman spesial dalam plot dan interkoneksi antar karakternya. Hanya saja, ada satu lagi aspek menarik dalam ‘The Intern’ karena latar plot-nya yang menyorot trend e-commerce dan perusahaan-perusahaan modern berbasis sosial media itu juga tak lantas tertinggal jadi sekedar latar, tapi ikut masuk menjadi fondasi kuat, nyaris seperti sebuah karakter, untuk menyemat semua dinamika konfliknya.

             Selain dipenuhi oleh insightful dialogues, pemaparan adult relationship yang walau sebagian punya twist and turnsas cliche as life itself’ tapi tetap di-handle dengan wajar dengan POV-POV berbeda serta konklusi yang kadang tak juga sangat filmis, juga beberapa titik sempalan komedi yang bisa membuat kita tergelak, ada detil-detil di art department dan production values yang sekilas terlihat simpel namun jelas punya keseriusan lebih buat mendukung storytelling-nya bersama sinematografi Stephen Goldblatt yang walau lebih dikenal lewat high profile action blockbusters-nya tapi juga membuat film-film seperti ‘The Prince of Tides’, ‘Closer’, ‘Julie & Julia’ hingga ‘The Help’ jadi punya warmthness tone yang begitu spesial sebagai sebuah romantic features.

               Namun kekuatan terbesarnya tetaplah ada pada ensemble chemistry yang seperti biasa di film-film Meyers, selalu jadi powerful element yang membuatnya jadi begitu memorable diantara genre lain yang lebih serba high profile. Robert De Niro dan Anne Hathaway ada di lini terdepan bangunan chemistry ini, satu yang membuat rentang jauh usia mereka tetap muncul seperti yang apa yang diperlukan penceritaanya tanpa harus melangkahi resistensi buat tak terjebak di gestur-gestur romantisasi klise genre sejenis. Lihat bagaimana Meyers dan mereka meng-handle salah satu scene terbaiknya di kamar hotel San Francisco. Di lini selanjutnya ada supporting characters yang kesemuanya tampil dengan sparks yang bagus hingga penampilan cameo Nat Wolff dari ‘Paper Towns’ seperti yang kita lihat di trailer-nya. Hanya Anders Holm yang mungkin terlihat terlalu datar berada di tengah-tengahnya, tapi juga secara proporsional bukan berarti jelek.

                 Last but not least, ada elemen scoring dengan orkestrasi melodius yang selalu jadi faktor terkuat untuk mengiringi signature Meyers menyelami tema-tema spesialisasinya dan bercerita di atas kehangatan spesial dan semua romantisasinya. Komposisi dari Theodore Shapiro dalam ‘The Intern’ benar-benar menyatu seperti apa yang dilakukan Alan Silvestri sebagai kolaborator tersering Meyers di departemen scoring film-filmnya. Satu yang ikut membuat mengapa film-film Meyers selalu bisa jadi suguhan tepat di waktu apapun sebagai getaway showcase yang luarbiasa cantik dan menghangatkan hati. If you’ve ever get tired of loud action blockbusters or amusing indies, Meyers’ films always be the ones to look up to. Warm, lovely and always insightful. Meyers’ way. (dan)

~ by danieldokter on October 4, 2015.

One Response to “THE INTERN: A WARM, LOVELY AND INSIGHTFUL ROM-COM, MEYERS’ WAY”

  1. Sepertinya worth to watch nih. Makasih reviewnya Dan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: