TRIPLE 9: A SMALL BUT KINETIC COP THRILLER WITH A GONZO ENSEMBLE FEST

TRIPLE 9

Sutradara: John Hillcoat

Produksi: WorldView Ent, Sierra Pictures, Open Road Films, 2016

Triple 9

            Kesuksesan ‘Mad Max: Fury Road’ meraih beberapa Oscar barusan mungkin kembali mengingatkan kita bahwa sineas-sineas Australia cukup diperhitungkan di Hollywood. Dari sekian banyak nama, John Hillcoat ada di generasi sekarang. Lewat sebuah western Australia, ‘The Proposition’ (2005), sutradara yang banyak berkarir di video klip sejak era ’80-an langsung menembus Hollywood dengan ‘The Road’ dan ‘Lawless’. Dengan signature jelasnya di tema-tema gritty criminal, apapun latar set-nya.

            Mungkin itu juga yang membuat ‘Triple 9’ – titel yang merujuk pada kode panggilan bantuan kala ada petugas terluka atau tewas di lapangan, jadi sebuah produksi yang bukan digawangi studio besar, namun bisa menggamit banyak bintang dalam deretan cast-nya. Dan mereka, at least some, tak ditempatkan secara tipikal buat mengisi karakternya. Bahkan Kate Winslet yang cukup jarang mau tampil di film-film aksi ikut di dalamnya. Ini, mau tak mau, jelas jadi potensi besar buat filmnya.

            Misi yang terpaksa dipenuhi Michael (Chiwetel Ejiofor) bersama rekan-rekan polisi korup atas permintaan istri mafia Rusia Irina (Kate Winslet), kakak kekasih – ibu dari putri kecilnya, Elena (Gal Gadot), untuk merampok sebuah deposit box berisi info untuk membebaskan suami Irina ternyata tak cukup hanya sekali. Tahu bahwa Michael akan menolak misi kedua yang lebih riskan walau dijanjikan imbalan besar, Irina menyandera Elena dan anak mereka serta membunuh Russell (Norman Reedus). Tak lagi bisa menghindar, bersama Marcus (Anthony Mackie), Franco (Clifton Collins, Jr.) dan Gabe (Aaron Paul) – adik Russell, misi itu ternyata sulit berjalan dengan mulus dengan kedatangan polisi idealis Chris (Casey Affleck), keponakan Sgt. Jeffrey (Woody Harrelson) yang tengah berusaha mati-matian meringkus gerombolan ini, sementara ada intrik di antara mereka sendiri di antara pembersihan nama, pengkhianatan dan kesetiakawanan.

            Dalam tradisi film-film aksi kriminal polisi korup yang penuh intrik, juga dengan pakem yang mengingatkan ke film aksi HK ‘80an Donnie Yen berjudul ‘Tiger Cage’ walau punya detil plot berbeda dan tak sebaik itu, ‘Triple 9’ memang jadi sangat menarik di atas skrip Matt Cook yang menempatkan karakter ensembelnya dengan porsi berimbang di tengah permainan maut tanpa bisa mudah tertebak. Atmosfernya digelar dengan nuansa kotor dan sulfurik, di mana batas abu-abu karakter tadi muncul tanpa sorotan lead yang kelewat jelas.

            Di sini, memang Hillcoat jadi sangat leluasa memuat signature penyutradaraan dan storytelling-nya yang biasa. Ada sinematografi yang cukup bagus dari Nicolas Karakatsanis dalam menerjemahkan atmosfer itu dengan baik, sementara walaupun pace-nya terasa agak naik turun menuju ending yang memang terlihat sedikit terburu-buru tanpa closing sequence impresif , kerja award-nominee editor Dylan Tichenor dari ‘There Will Be Blood’, ‘Zero Dark Thirty’ hingga yang paling dekat dengan ‘Triple 9’ – ‘The Town’, tetap bisa menahan jahitan penceritaannya dengan bagus. Masih ada juga scoring yang membentuk proper blend dari Atticus Ross, Bobby Krlic, Leopold Ross dan Claudia Sarne.

            Namun yang menjadi daya tarik terbesarnya tetaplah nama-nama yang berkolaborasi di dalamnya. Masuk ke peran-peran yang tak biasa mereka mainkan di film-film yang lain, terutama Winslet dan Affleck, ditambah karakter-karakter pendukung yang juga diisi nama-nama cukup dikenal seperti Teresa Palmer, Michael K. Williams dan Gal Gadot, hal terbaik dalam ‘Triple 9’ adalah interaksi akting bintang-bintang lintas ras ini di atas plot kriminal yang walau tak terlalu banyak mengumbar aksi, tapi tetap punya kadar tensi cukup tinggi. Untuk yang menggemari film-film thriller aksi kriminal, ‘Triple 9’ jelas tetap menjadi rekomendasi cukup bagus. A small but kinetic cop thriller. (dan)

~ by danieldokter on March 14, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: