CRIMINAL: A DECENT SCI-FI THRILLER WITH POWER PACKED STARS

CRIMINAL

Sutradara: Ariel Vromen

Produksi: Millennium Films, BenderSpink, Campbell-Grobman Films, Summit Entertainment, 2016

Criminal

            Adalah trend sekarang bagi sebagian aktor-aktor kelas A Hollywood dengan penuaan usia dan penurunan karir untuk bermain di film-film produksi kelas B. Begitupun, produksi B sekelas Summit atau Millennium lebih mirip dengan apa yang dilakukan Cannon Films di tahun ‘80an dulu. Menggabungkan banyak bintang senior dengan nama yang masih sangat diingat dengan beberapa juniornya yang masih sangat settle ke dalam sebuah film yang masih punya tanggung jawab, mereka masih berada di atas produksi-produksi DTV (direct to video) yang lebih sepenuhnya menjual bintang-bintang yang pamornya mulai pudar.

            Sebagai salah satunya, ‘Criminal’ menjadi reuni Kevin Costner, Tommy Lee Jones dan Gary Oldman dari ‘JFK’-nya Oliver Stone yang ada di kelas beda dengan dukungan masih banyak nama dari Alice Eve, Gal Gadot, Michael Pitt hingga Ryan Reynolds dalam penampilan singkatnya.

            Kegagalan agen Bill Pope (Ryan Reynolds) melindungi kebocoran proyek rahasia yang digagas Xavier Hemdahl (Jordi Molla) atas program pemecah kode nuklir buatan hackerThe Dutchman’ (Michael Pitt) yang berpaling ke CIA membuat petingginya Quaker Wells (Gary Oldman) mencari cara untuk memindai memori Pope ke subjek baru buat melacak keberadaan uang tebusannya. Ia pun merekrut Dr. Franks (Tommy Lee Jones), penemu teknologi yang belum pernah dilakukan ke manusia itu. Hanya saja, keterbatasan dalam tahapan risetnya membuat pilihan mereka jatuh ke kriminal berbahaya Jericho Stewart (Kevin Costner) yang tengah ditahan dengan keamanan tingkat tinggi. Eksperimen itu berhasil meninggalkan kekacauan memori Stewart yang kemudian menyambangi istri Pope, Jillian (Gal Gadot) untuk mendapat informasi, sementara Heimdahl tak begitu saja menyerah dan The Dutchman malah berbalik berniat menjual programnya ke pihak Rusia.

            Ada alasan mengapa penulisan skrip ‘Criminal’ diserahkan ke duo penulis Douglas CookDavid Weisberg dari action legendaris Michael Bay, ‘The Rock’. Menggabungkan elemen perekrutan kriminal dengan elemen sci-fi halus ala ‘Face/Off’ namun kini ada di soal perpindahan memori, ‘Criminal’ sebenarnya punya premis sangat fresh di genre-nya. Sayang, sutradara Ariel Vromen dari thrillerThe Iceman’ tak mau repot-repot buat mengeksplorasinya lebih. Action shows-nya cukup baik tapi tetap terasa ada di bujet terbatas – kelas rata-rata produksi Millennium biasanya, sementara konflik dan intriknya sebagai thriller juga tak sepenuhnya dibarengi pace yang benar-benar konsisten di keseluruhan film.

           Begitupun, membelokkannya lebih ke arah action dengan aksi badass bintang gaek ala ‘Taken’ yang meneruskan aksi Costner setelah bermain di pakem yang sama dalam ‘3 Days to Kill’, namun kali ini punya character origin sangat bertolak belakang, mereka masih sanggup menyelingi ‘Criminal’ dengan karakter-karakter sampingan yang selain cukup kuat, juga punya faktor hati cukup besar menuju konklusi berupa setup ke kemungkinan sekuel dalam bentukan karakter utamanya. Elemen sci-fi-nya justru sedikit lebih baik, atas detil-detil medis hingga teknis yang dibangun dari hipotesis sangat masuk akal.

          Penampilan Oldman dan Lee Jones dengan interaksi mereka di beberapa adegan penting, plus Gal Gadot yang kali ini mengeksplorasi peran cukup berbeda masih bisa muncul tak sekedar jadi tempelan tak penting menuju konklusi pembuka franchise yang ada di pengujungnya. Di luar penampilan Alice Eve, Michael Pitt plus Ryan Reynolds yang hanya mengisi prolognya, masih ada juga nama-nama seperti Antje Traue (‘Man of Steel’) dan Jordi Molla, namun sayang Scott Adkins tak bisa digunakan maksimal buat penekanan aksi badass action-nya.

         So, ini jelas tak jelek, bahkan jauh lebih baik juga – kalau ada yang membanding-bandingkannya – dan ini tak salah, dengan sci-fi thriller Ryan Reynolds, ‘Self/Less’ yang agak senada namun sebenarnya jauh berbeda. Hanya saja, kita bisa tahu jelas kalau dengan potensi yang dimilikinya, ‘Criminal’ sebenarnya bisa jauh lebih lagi dari ini. Still, a decent sci-fi thriller with  power packed stars. (dan)

~ by danieldokter on May 24, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: