DADDY’S HOME: A JUMP OFF YOUR SEAT – HOLIDAY COMEDY

DADDY’S HOME

Sutradara: Sean Anders

Produksi: Red Granite Pictures, Gary Sanchez Productions, Paramount Pictures, 2015

Daddy's Home Poster

            Selain formula, yes, komedi juga butuh performa. Will Ferrell jelas masih merupakan satu komedian terdepan di Hollywood. Kembali berkolaborasi dengan Mark Wahlberg yang sebenarnya bukan komedian tetapi pernah bermain bersama Ferrell dalam ‘The Other Guys’, ‘Daddy’s Home’ memang disiapkan buat menyambut liburan akhir tahun. Formulanya juga tak jauh dari holiday atmosphere, menyentil soal keluarga, dalam nafas komedi nyeleneh semurni-murninya ala Will Ferrell dari sutradara-penulis Sean Anders yang juga sudah cukup teruji di genre ini lewat film-filmnya yang dibintangi Jim Carrey hingga Adam Sandler.

            Seperti genre smooth jazz yang digelutinya dalam kerjaan sehari-hari sebagai eksekutif sebuah stasiun radio di California, Brad (Will Ferrell) yang berperilaku smooth dan sensitif sebenarnya sedang bahagia-bahagianya menikmati kehidupan barunya sebagai ayah tiri dua anak dari Sara (Linda Cardellini); Megan dan Dylan (Scarlett Estevez & Owen Vaccaro). Bermodal sebuah buku panduan, walau mengalami banyak rintangan, saat ia mulai bisa mengambil hati mereka, kebahagiaannya terusik oleh kedatangan kembali Dusty (Mark Wahlberg), mantan suami Sara, sosok keras pengemudi Harley yang jauh bertolak-belakang dengan Brad. Dengan agenda yang dimiliki Dusty, dua ayah ini pun lantas bersaing dengan segala cara, dan jelas ujungnya adalah kekonyolan.

            Menyatukan kekonyolan Ferrell dan tough-guy act Wahlberg yang kembali bermain santai seperti dalam ‘The Other Guys’, tak ada yang perlu ditanya lagi dari chemistry komedi keduanya. Anders sukses mengulang kesuksesan kolaborasi mereka dari ‘The Other Guys’, dan masih ada Thomas Haden Church, Bobby Cannavale serta standup comedian Hannibal Buress yang berinteraksi mengisi part comedy masing-masing di antara mereka. Lagi, ‘Daddy’s Home’ memang bukanlah film serius yang harus menyelam terlalu dalam buat menggagas plot-nya, tapi juga bukan berarti sama sekali tak punya hati dalam kemasan keseluruhannya sebagai sebuah holiday comedy.

            Skrip yang ditulis oleh Brian Burns dari ‘You Stupid Man’, John Morris serta Anders sendiri pun tetap menyelipkan sejumlah glimpse menarik soal ‘fatherhood’ untuk menempatkan dua karakter ayah tiri dan ayah kandung ini secara satirikal, berikut sematan-sematan iconic cast utamanya termasuk latar musik yang kuat hingga ke, maaf, joke-joke nyeleneh soal ukuran vital, tapi memang kekuatan terbesar ‘Daddy’s Home’ adalah rangkaian komedinya yang dibangun sedemikian heboh hingga membuat pemirsanya terpingkal-pingkal sampai sakit perut sejak menit-menit awal dengan formula jelas; menempatkan Ferrell sebagai bulan-bulanan namun tetap bekerja sebagai sentral buat memenangkan hati pemirsanya.

           So yes, ini memang bukan komedi dengan konten lebih selain buat menghibur. Dalam tendensi terdasar sebuah komedi, yaitu membangun kelucuan demi gelak tawa pemirsanya, ‘Daddy’s Home’ jelas sudah punya amunisi kuat. A jump off your seat – holiday comedy. Hilarious! (dan)

~ by danieldokter on January 7, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: