DILWALE: CLASSIC ON-SCREEN COUPLE AND A PURE MASALA ENTERTAINMENT

DILWALE

Sutradara: Rohit Shetty

Produksi: Red Chillies Entertainment, Rohit Shetty Productions, 2015

Dilwale

            Ada alasannya kenapa Shah Rukh Khan dijuluki ‘King of Bollywood’ di era sekarang atas konsistensinya menarik penonton sejak ‘Dilwale Dulhania Le Jayenge’ berlanjut ke ‘Dil To Pagal Hai’ dan puncak dari segalanya, ‘Kuch Kuch Hota Hai’ yang membawa nama Bollywood ke status internasional. Masih banyak pula film-film sukses fenomenalnya setelah itu, namun ada kekuatan ekstra kala ia dipasangkan dengan Kajol atas kesuksesan ‘Dilwale Dulhania Le Jayenge’. Dalam konteks ‘on-screen couple’, yang tak bisa begitu saja dicapai semua pasangan aktor, status Shah Rukh dan Kajol adalah klasik. Karena itu pula, ‘Dilwale’ yang terang-terangan dibangun atas tribute itu, bahkan dengan penggalan judul dan lagu sama walaupun bukan sekuel, menjadi satu yang paling ditunggu fans mereka di pengujung tahun lalu.

            Bekerja sebagai pemilik bengkel mobil, Raj (Shah Rukh Khan) bersama rekan-rekannya selalu menjadi pelindung bagi Veer (Varun Dhawan), adik Raj yang kerap membuat masalah, termasuk ketika ia berselisih dengan komplotan gangster King (Boman Irani). Namun masalah yang lebih serius justru datang ketika Veer jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Ishita (Kriti Sanon), karena hubungan mereka tanpa disadari Raj membawanya kembali bertemu dengan Meera (Kajol), kakak Ishita, dan mulai membuka rahasia identitas masa lalu mereka yang selama ini disimpan Raj rapat-rapat dari Veer, dan begitu juga Meera terhadap Ishita.

            Berbeda dari ‘Kuch Kuch Hota Hai’ bahkan ‘Dilwale Dulhania Le Jayenge’ sebagai drama cinta mengharu-biru, ‘Dilwale’ adalah filmnya Rohit Shetty, sineas yang terkenal punya spesialisasi genre Bollywood yang dikenal dengan istilah ‘hindi masala’, mencampuradukkan action, komedi dan drama dalam porsi bombastis ala India. Lihat saja apa yang sudah dilakukannya dengan hit-hit terbaiknya dari ‘Singham’ ke ‘Chennai Express’. Paduannya memang kerap terkesan absurd dengan misplacement comedies dan dramatisasi plus adegan-adegan aksi over the top, namun tentu tetap menjual satu hal yang digemari penggemar film Bollywood, hiburan murni.

            Begitupun, segala absurditas itu tentu tak lagi jadi masalah dengan hampir keseluruhan filmnya yang memang diarahkan untuk mengeksploitasi status klasik kolaborasi Shah Rukh dan Kajol. Dengan cast dua bahkan tiga generasi dari penampilan spesial Vinod Khanna dan bintang senior berstatus internasional, Kabir Bedi (‘Octopussy’ & ‘Thief of Baghdad’) – termasuk bakat muda Varun Dhawan dan Kriti Sanon – aktris yang memulai debutnya dari film TeluguNenokkadine’, tampilan serba cantik dan wah, meski bukan tergolong film yang dipuji-puji kritikus, semua lapisannya bekerja memberikan hiburan murni buat penontonnya. Masih ada pula song numbers yang bagus dari Pritam Chakraborty terutama ‘Gerua‘ dan ‘Janam Janam‘ yang populer sampai ke sini. Tapi di atas semua, jelas Shah RukhKajol yang merupakan kunci daya jualnya. Buktinya, lewat sebulan awal penayangannya, layar bioskop yang memutar ‘Dilwale’ masih terus dipenuhi penonton. A pure masala entertainment. (dan)

~ by danieldokter on January 25, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: