UNDERWORLD : AWAKENING ; SELENE GOES TO TOWN

UNDERWORLD : AWAKENING

Sutradara : Måns Mårlind & Bjorn Stein

Produksi : Lakeshore Entertainment, Sketch Films & Screen Gems, 2012

Mengaku jenuh bermain di film-film aksi dan jadi langganan blockbuster, Kate Beckinsale agaknya tak betah juga berlama-lama mengeksplorasi karirnya di film-film yang berskala lebih kecil beberapa tahun terakhir. Bersama remake ‘Total Recall’ yang bakal muncul dalam waktu dekat, sang suami, Len Wiseman, kembali membawa Beckinsale ke ranah blockbusters. And so, setelah prekuel yang kurang darah, ‘Underworld : Rise Of The Lycans’, Wiseman kini melanjutkan lagi petualangan Selene. It’s still vampires vs werewolves, tapi setnya tak lagi di Underworld. Seperti dinosaurus Spielberg yang beranjak menyerangkota, ‘Underworld : Awakening’ kini berset di dunia manusia. Eksplorasi plot ala Hollywood seperti ini memang sah-sah saja, but let’s admit. Kita pasti masih terus ingin melihat aksi Selene jumpalitan beraksi dibalik baju kulit ketatnya. Apalagi, dalam balutan gimmick 3D yang masih terus menjamur ke seluruh industri perfilman dunia.

Setelah mendapatkan kekuatan superior spesies hybrid dari Michael Corvin (Scott Speedman ; di sekuel ini absen dan sekuensnya diisi oleh stock shot lama plus CGI dari pemeran stand-in), Selene (Kate Beckinsale) menemukan dirinya di tengah penemuan manusia atas spesies mereka yang telah memicu perang besar. Ia tertangkap ketika hendak melarikan diri, terpisah dari Michael dan disekap di sebuah lab eksperimen untuk menemukan antidotum terhadap virus vampir dan werewolf, Antigen, yang dikepalai head scientist Dr. Jacob Lane (Stephen Rea). Ketika terbangun dari ruang cryogenic dengan label ’subject 1’, Selene menyadari bahwa 12 tahun telah berlalu, dimana perlawanan manusia sudah berhasil menumpas lebih dari setengah populasi vampir sementara werewolf dikabarkan telah punah. Ia mendapati bahwa ’subject 2’ yang menyelamatkannya adalah Eve (India Eisley), putri hybrid-nya bersama Michael yang hilang entah kemana. Dibantu vampir David (Theo James), putra pimpinan vampir bawah tanah Thomas (Charles Dance) yang membawanya ke bunker perlindungan, Selene bersama Eve kemudian ditolak mentah-mentah oleh para vampir yang menganggapnya pengkhianat. Namun disini juga mereka menyadari bahwa kaum werewolf ternyata hanya menggunakan isu kepunahannya untuk membangun pasukan lebih besar lagi untuk menggempur vampir dan menguasai  dunia manusia. Selene pun harus kembali memulai perjuangan panjangnya demi keselamatan Eve yang dianggap para werewolf penghalang terbesar atas garis darahnya sebagai calon hybrid terkuat, sambil terus berusaha menelusuri keberadaan Michael.

Apapun alasannya, Hollywood memang selalu paling jago meracik kelanjutan sebuah franchise untuk bisa tetap bertahan. Dan Wiseman yang menulis ceritanya bersama John Hlavin, dengan penyutradaraan yang kini diserahkan pada duo sutradara asal Swedia Måns Mårlind & Bjorn Stein yang sebelumnya membesut thriller kecil yang cukup bagus, ‘Shelter‘, membawa perseteruan para vampir dan werewolf ini ke penyegaran dengan set dan karakter-karakter baru yang sepertinya bakal terus berlanjut ke sekuel-sekuel berikutnya. Anda boleh saja menggerutu seperti mengikuti cerita yang terasa dipanjang-panjangkan untuk melanjutkan nafas franchise itu, tapi Wiseman juga kelihatan sadar betul bahwa benang merah ’Underworld’ sebagai franchise blockbuster memang ada di dua sisi koin yang sama kuat ; visual pertarungan yang serba seru dan gore dengan tampilan berdarah-darah saat vampir dan werewolf saling mencabik, serta tentunya, Kate Beckinsale sebagai Selene yang sudah jadi karakter heroine memorable bak seorang superhero yang terus bertambah kuat dalam pengembangan kisahnya. The rest, forget it. Dua hal itu sudah cukup kuat untuk membawa penonton ke gedung bioskop menyaksikan aksi Selene. Toh karakter-karakter barunya juga bisa sedikit bersaing dengan kekuatan karakter-karakter lama Bill Nighy dan Michael Sheen yang tak lagi muncul, dari aktor senior Charles Dance yang memang berwajah dingin dan dari dulu sering diplot menjadi creature villains atau hantu-hantuan, Stephen Rea yang belakangan kian senang berkiprah di jalur komersil, hingga Theo James sebagai vampir muda yang menggantikan porsi Scott Speedman di posisi jagoan pria-nya. Aktris cilik India Eisley juga mampu tampil menarik sebagai Eve walau makeup-nya ketika berubah rupa mungkin sedikit membuat penonton sini teringat ke franchise boobs-horror kita, ’Pulau Hantu’. Di luar itu, balutan gimmick 3D-nya ternyata muncul cukup memikat dalam keberadaaannya sebagai produk konversi. Jadi begitulah, ketika sebuah franchise sudah menemukan resep ampuh untuk kekuatannya sebagai tontonan hiburan, mau digagas dengan cara apapun, mau ke kota atau ke planet lain sekalipun, asal resep itu masih tampil se-jagoan pendahulunya, sulit bagi kita untuk menolak suguhannya. And I assure you, ‘Underworld’, jelas belum akan berakhir disini. (dan)

~ by danieldokter on February 9, 2012.

One Response to “UNDERWORLD : AWAKENING ; SELENE GOES TO TOWN”

  1. […] Underworld: Awakening […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: